Wednesday, May 31, 2017

Bersahabat Dengan Alat Pemadam Kebakaran


Peralatan pemadam kebakaran merupakan peralatan yang sangat penting dan harus tersedia di gedung-gedung perkantoran, rumah sakit, sekolah dan sebenarnya dirumah pun seharusnya ada peralatan kebakaran ini. Yang saya maksud bersahabat disini adalah kita harus mengetahui kebutuhan peralatan pemadam kebakaran yang dibutuhkan, cara menggunakannya, fungsinya, cara meletakannya dan mungkin sampai dimana yang jual peralatan pemadam kebakaran. Sebagai contoh ketika anda melihat hydrant di pinggir jalan, nah itu anda tidak boleh parkir sembarangan di dekat hydrant tersebut karena ketika terjadi kebakaran nanti menyulitkan tim pemadam kebakaran ketika mencari air di hydrant tersebut.

Alat pemadam kebakaran yang sering ditemui dan di jual peralatan pemadam kebakaran yaitu :

1. Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
Digunakan untuk memadamkan titik api yang masih dapat diatasi. Alat ini memiliki ukuran dari 1 kg – 12 kg.


2. Nozzle
Digunakan untuk mengarahkan air yang bertekanan tinggi ke titik api.

3. Selang Pemadam Kebakaran (Fire Hose)
Digunakan untuk mendistribusikan air dari hydrant pillar untuk memadamkan api.

4. Penghubung Selang Pemadam Kebakaran (Coupling Fire Hose)
Digunakan untuk menyambungkan fire hose dengan fire hose yang lain.

5. Hydrant Valve
Digunakan untuk mengatur tekanan air yang keluar dari hydrant pillar.


6. Fire Hydrant Pillar
Digunakan untuk sistem hydrant ini berjalan dengan baik karena fire hydrant pillar sebagai pintu gerbang utama yang mengalirkan air dari tandon air dengan bantuan fire fighting pump(pompa pemadam kebakaran).


7. Fire Helmet, Fireman Clothing, Mask Respirator
Ke tiganya ini sangat dibutuhkan oleh tim pemadam kebakaran untuk menjaga keselamatan mereka ketika bertugas memadamkan api.

8. Box Alat Pemadam Api
Digunakan untuk menyimpan peralatan pemadam kebakaran sehingga ketika terjadi kebakaran mudah mengetahui posisi peralatan pemadam kebakaran yang akan digunakan.

Adapun peralatan pemadam kebakaran yang di jual peralatan safety dirancang otomatis ketika terjadi kebakaran pada ruangan yaitu dengan menggunakan sprinkler system. 

Setelah kita membahas mengenai peralatan pemadam kebakaran diharapkan kita dapat lebih bersahabat dengan peralatan yang sering di jual peralatan safety tersebut dan lebih tahu pentingnya mengetahui alat-alat yang perlu digunakan untuk memadamkan kebakaran.

No comments:

Post a Comment

Subscribe

Subscribe for our all latest news and updates

Flickr